Hadiri Perayaan Maulid di KMJ, Syekh Fathi Sampaikan Hal Ini


Oleh:Kholifatunnisa

Ppmimesir.id, Kairo-- Keluarga Mahasiswa Jambi (KMJ) Mesir adakan Perayaan Maulid Nabi di Aula Daha, Kota Nasr, Kairo, pada Kamis (29/11). Peringatan tersebut dihadiri oleh Dosen Universitas Al-Azhar Kairo Syekh Fathi Abdurrohman Hijazy dan Imam Masjid Al-Azhar Syekh Muhammad Aliywah.

Maulid diawali dengan pembacaan Simtudduror yang dibaca bergantian oleh para mahasiwa Indonesia yang berasalh dari Jambi. Kemudian ceramah oleh Syekh Fathi Abdurrohman Hijazy, ditutup dengan doa dan pembacaan Qosidah Solawat oleh Syekh Mhumammad Aliywah.

Dalam ceramahnya, Pengajar Bahasa Arab di Universitas Al-Azhar itu menyampaikan bahwa Rosulullah Muhammad merupakan karunia terindah bagi umat muslim. Karena Nabi Muhammad disempurnakan oleh Allah lahir dan batin sebagai rahmat bagi seluruh alam, yang darinya ummat Nabi Muhammad diwarisi ilmu serta budi pekerti luhur.

"Nabi Muhammad SAW tidak mewariskan harta kepada ummatnya. Ia mewariskan ilmunya. Oleh sebab itu kini kita berada dalam nikmat berupa ilmu, nikmat menjadi pengikut kekasih Allah. Yang mana itu adalah nikmat yang benar-benar harus disyukuri," ujarnya.

Selain itu, verifikatur kitab Tafsir Al-Kasysyaf tersebut juga menghimbau kepada generasi pembelajar agar memahami ilmu Bahasa Arab dengan baik.

"Sebagai penuntut ilmu, diantara tugas kalian adalah memahami makna dari segi lafadz. Maksudnya, pahamilah ilmu Bahasa Arab dengan baik," pungkasnya.

"Belajar bahasa dapat menjadikan kalian memahami kekuatan makna yang tersembunyi dalam susunan kalimat," imbuhnya.



Post a Comment

0 Comments