Masjid Al-Azhar Resmikan Ruwaq Al-Quran, Atdikbud Serukan Hal Ini Kepada Masisir!

Prof. Dr. Abdul Mun'im Fuad (Musyrif 'Am Ruwaq Azhari) dan Dr. Usman Syihab (Atdikbud KBRI Kairo).

Di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Abdul Mun'im Fuad sebagai supervisor utama Ruwaq Azhari yang baru diangkat awal tahun 2019, dewan pengurus Masjid Al-Azhar terus melakukan terobosan-terobosan baru dalam menjawab kebutuhan ratusan ribu penimba ilmu dari berbagai negara, dengan mengoptimalkan kegiatan belajar-mengajar di ruwaq-ruwaq masjid yang telah berusia 1079 tahun ini.

Setelah dua minggu lalu membuka Pembelajaran Penguatan Bahasa Arab untuk Non Arab, Kamis kemarin (11/7/2019) diselenggarakan peresmian Ruwaq Al-Quran. Acara peresmian itu dihadiri oleh Prof. Abdul Mun'im Fuad, Syekh Hani Audah selaku direktur umum Masjid Al-Azhar, dan semua tenaga muhaffizh yang terdiri dari masyaikh spesialis Al-Quran yang diterima sebagai pembimbing tahfiz di ruwaq ini setelah melalui seleksi ketat. 

Adapun programnya direncanakan akan mulai aktif hari Ahad mendatang (14/07/2019). Ruwaq ini akan diselenggarakan secara besar-besaran, dengan materi utama; tahfidz (hafalan), tahsin tilawah, qiraat, dan tajwid di bawah bimbingan para masyayikh dan dosen Al-Azhar yang mumpuni.

Prof. Abdul Mun'im menjelaskan "Tujuan dibukanya ruwaq ini adalah menghidupkan geliat menghafal Al-Quran bagi semua kalangan, mengajarkan membaca kitab suci dengan pelafalan huruf yang tepat, serta menekankan penerapan tajwid dan hukum-hukum bacaan. Sistemnya dengan cara mengkategorikan level peserta sesuai jumlah hafalannya."

Mantan dekan Fakultas Ulum Islamiyah itu berharap ruwaq ini akan menjadi tempat yang nyaman dan kondusif bagi mereka yang ingin menghafal Al-Quran dan mentadabburi maknanya. Serta akan menjadi corong strategis dan kuat mewujudkan visi Ruwaq Azhari dalam menyebarluaskan pengetahuan dan pemahaman agama yang lurus.

Syekh Hani Awdah menambahkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan manajemen yang baik dalam merealisasikan berjalannya kegiatan di ruwaq ini.

Atdikbud KBRI Kairo Dr. Usman Syihab telah melakukan pertemuan dengan Prof. Dr. Abdul Mun'im Fuad Jumat kemarin ((12/7/2019) untuk mendukung penyediaan pengajian sebanyak mungkin untuk mahasiswa Indonesia. Atdikbud menyerukan melalui akun facebooknya agar anak-anaknya dari mahasiswa Indonesia memanfaatkan fasilitas ini dengan baik: "Saya memohon dan mengajak semua mahasiswa Indonesia untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Al-Azhar. Untuk yang putra, segera datang ke kantor Ruwaq di Masjid Al-azhar, tanya dan daftarkan diri."

Ruwaq ini bisa menjadi pusat tahfiz semua mahasiswa yang sangat aman. Adapun bagi siapa yang ingin ikut dalam program Ruwaq Al-Quran ini bisa mendaftarkan diri di Kantor Masjid Al-Azhar yang terletak di antara Ruwaq Atrak dan Ruwaq Magharibah.

Sumber:

Post a Comment

0 Comments