Kesempatan Langka! PPMI Mesir Akan Adakan Acara Pembekalan untuk Calon Wisudawan 2019



LATAR BELAKANG
Lulusan Universitas Al-Azhar yang diperhitungkan sebagai sumber daya manusia yang memiliki nilai tinggi dan diberikan penghormatan secara sosial dalam kultur keislaman masyarakat Indonesia, sangat potensial dan diharapkan dapat memberikan kontribusi besar membawa bangsa dan negara ke arah kemajuan. Para alumni dari institusi terkemuka ini dipercaya karena telah selama kurang lebih empat tahun diasupi dengan ilmu-ilmu keislaman yang memadai dan tempaan Akhlakul Karimah selama proses perkuliahan di kampus dan pembelajar di majelis-majelis ilmu. Tetapi dengan tantangan kemajuan dan perkembangan zaman, alumni Universitas Al-Azhar dituntut untuk memiliki skill tambahan dan etos kerja professional agar dapat mengintegrasikan ilmu yang dimiliki dalam pentas global.
Setelah menyelesaikan jenjang studi Strata 1 di Universitas Al-Azhar Kairo, banyak dari sarjana muda (fresh graduate) yang mulai cemas memikirkan masa depan dan menghitung berbagai prospek yang ada, khususnya mereka yang telah merancang peta kehidupannya meninggalkan Mesir untuk kembali ke tanah air ataupun berniat melanjutkan studinya di tempat lain.
Kecemasan seperti ini tidak hanya disimpulkan berdasarkan pengamatan, tetapi juga berdasarkan permintaan langsung dan aspirasi para calon wisudawan agar PPMI bisa menginisiasi sebuah acara pembekalan untuk wisudawan agar siap terjun ke masyarakat, berkecimpung ke dunia profesi dan melihat peluang mendapatkan beasiswa lanjut studi pascasarjana. Oleh karena itu, guna menjawab aspirasi ini, DP PPMI Mesir 2019-2020 menggagas Acara Pembekalan Calon Wisudawan 2019 yang akan diadakan 28 September 2019, lima hari sebelum acara puncak Wisuda Akbar PPMI Mesir yang akan diadakan 3 Oktober 2019.
Acara ini memilih tiga subjek materi pembekalan dengan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya. Mengenai rincian teknis jalannya acara ini akan dibahas pada sub-sub judul berikut.
TUJUAN
1.      Mengasah skill peserta dalam menyampaikan ilmu, serta mengekpresikan ide dan gagasa dalam narasi tulisan yang baik dan menarik.
2.      Memberikan gambaran umum membangun wirausaha sebagai jalan mencari rezeki halal untuk menunjang pendanaan kegiatan-kegiatan pendidikan dan dakwah. Serta turut terlibat dalam memperbaiki sektor perekonomian negara dan membangun ekonomi berbasis keumatan.
3.      Memberikan informasi terkait beasiswa studi pascasarjana, gambaran peluang, motivasi dan tips-tips untuk berhasil meraihnya.
KEGIATAN
1.    NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah Seminar Pembekalan Calon Wisudawan 2019.
2.    BENTUK KEGIATAN
a.       Aspek Materi
Dalam acara pembekalan ini ada tiga materi yang akan diberikan:
1)      Seminar Jurnalistik dan Kepenulisan.
2)      Seminar Bisnis dan Kewirausahaan.
3)      Seminar Berburu Beasiswa Studi Pascasarjana.
b.      Aspek Praktek
Dari tiga materi di atas, di sela-sela seminar akan diminta untuk mempraktekkan dua materi:
a.       Praktek kepenulisan dan jurnalistik
Peserta diminta untuk membuat berita.
b.      Praktek materi Bisnis
Peserta diuji dalam kecakapan menyusun strategi membangun sebuah usaha dengan membuat sketsa MBC (Model Bisni Canvas).
3.    WAKTU DAN TEMPAT
Hari: Sabtu
Waktu: 28 September 2019 M.
Jam: 09.00 – 21.00 Waktu Kairo.
Tempat: Auditorium Nile Center, Hayy Sabi'.
4.    JADWAL KEGIATAN
NB:
1. Acara ini akan berlangsung selama kirang lebih 12 jam. Jadi diprioritaskan pendaftar acara dapat mengikuti acara dari awal hingga akhir.
2. Rundown acara dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi yang akan dikonformisi ketika mendekati Hari H acara.

7. Peserta
Peserta dibatasi dengan kuota 50 orang dari pendaftar wisuda. Dari 250 pendaftar calon wisudawan, 50 orang ini diprioritaskan bagi mereka yang akan pulang dan langsung mengabdi di tanah air. Serta memperhatikan pemerataan dari berbagai provinsi.
6.    PENYELENGGARA
Acara ini merupakan program kerja Departemen Keilmuan DP PPMI Mesir 2019-2020 yang didukung oleh KBRI Kairo, dengan membentuk panitia.
7.    BIAYA DAN FASILITAS
Berkat bantuan dan suntikan dana dari KBRI Kairo: acara ini dapat diikuti oleh peserta calon wisudawan tanpa membayar registrasi. Dengan fasilitas berikut:
1.      Ruang auditorium yang nyaman dan full AC.
2.      Makan berat dua kali.
3.      Kopi dan makanan ringan.
4.      Sertifikat peserta di akhir acara.

Post a Comment

0 Comments