Pertemuan Delegasi PPMI dengan Dekan Fakultas Alquran Thantha, Bahas Apa?

Foto bersama Dekan Fakultas al-Qur’an al-Karim Li al-Qira’at wa ‘Ulumiha di Thantha



Delegasi PPMI Mesir yang dipimpin Azwar Anas, Lc., ditemani Zein Ruslan, Ghazi Abqari dan Azhar Falahan melakukan kunjungan ke Fakultas al-Qur’an al-Karim Li al-Qira’at wa ‘Ulumiha yang terletak di Thantha, provinsi yang berjarak 91 KM dari Kairo, pada Selasa 24 September 2019 M.

Tepat pada hari ini, gedung kampus fakultas yang spesialis mengajarkan Ilmu Qira'at yang terkenal rumit itu terlihat ramai kendati proses belajar-mengajar belum mulai aktif. Pasalnya sedang ada ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan pada pagi itu. Dari Indonesia sendiri ada dua mahasiswa yang mengikuti seleksi, bernama Adrian (peraih Juara I MHQ Internasional Antar Wafidin PPMI Mesir 2019) dan satu lagi bernama Faris. Terlihat ramai juga dari para dosen pengajar di gedung kampus, karena ada rapat awal semester para civitas akademika yang dipimpin oleh Dekan Fakultas.

Di sela-sela kesibukannya melayani hiruk-pikuk banyak orang berkepentingan yang hilir-mudik ke kantornya, Dekan Fakultas, Prof. Dr. Sami Abdul Fattah Hilal memberikan sambutan hangat kepada empat orang delegasi PPMI Mesir ini.

Selain menyambung silaturrahim, kunjungan ini menurut Zein Ruslan selaku Menko I PPMI Mesir membawa setidaknya tiga misi:

  1.  Menyampaikan Undangan Menghadiri Acara Wisuda 2019.

Jika tradisi tahunan pada acara wisuda mengundang para pembesar Universitas Al-Azhar yang ada di Kairo, pada tahun ini panitia juga mengirimkan undangan kepada dekan fakultas yang ada di Thantha. Hal ini diniatkan agar semakin menarik minat para mahasiswa untuk masuk fakultas yang langka ini berawal dari mengenal dekannya yang diakui keilmuannya baik melalui khidmahnya selama puluhan tahun mengabdi sebagai pengajar dan karya-karya berharganya.

“Yang mulia, kami dari Persatuan Pelajar datang kesini membawa undangan kepada antum untuk menghadiri acara wisuda.” Ujar Zein Ruslan, Menko I PPMI Mesir.

Beliau menjawab: “Saya gembira dengan undangan ini. Apabila di hari itu tidak ada halangan, insyaAllah saya akan hadir.”

2.       Meminta Perizinan Objek Ziarah Mahabbah Jilid II


Salah satu program kerja Departemen Keazharan DP PPMI Mesir 2019-2020 adalah melakukan Ziarah Mahabbah (Zima). Setelah sukses dengan Zima Jilid I menuju Alexandria 20 September 2019 lalu dengan sambutan hangat dari Syekh Ala Mushtafa Na’imah, kali ini yang direncanakan menjadi objek Zima Jilid II adalah Fakultas Alquran di Thantha.

“Bagaimana menurut yang mulia, kalau kami dari Ittihad al-Thalabah memobilisasi sekitar 50 – 100 mahasiswa untuk berkunjung ke sini, kemudian dari pihak Fakultas ini menggelar untuk kami Stadium General, atau semacam seminar sosialisasi fakultas ini, atau mengangkat tema tertentu? Tanya Menko I.

Beliau menjawab: “Ahlan Wa Sahlan, in sya Allah nanti akan kita atur waktunya.”

3.       Memastikan Teknis Masuk Fakultas ini


Walaupun sejak tahun 2010 Grand Syekh Al-Azhar mengeluarkan Qarar yang menghimbau pemusatan persebaran mahasiswa wafidin di Kairo dan menutup opsi memilih kuliah di cabang-cabang di luar daerah, tetapi Fakultas Al-Qur’an Thantha mendapatkan keistimewaan tersendiri dengan tetap terbuka untuk wafidin, tetapi tentu dengan syarat dan ketentuan.

“Yang mulia, terkait dengan prosedur masuk fakultas ini, apakah fakultas ini terbuka untuk wafidin khususnya teman-teman kami dari Indonesia?”

“Ya, tentu saja. Dengan catatan dia lulus dari Tsanawi di Ma’had al-Azhar, atau Ma’had Takhashsuh, diutamakan lagi yang lulus dari Ma’had Alquran di Shubra el-Kheima.” Dan tentunya syarat terpenting telah selesai menghafal 30 juz.

Di ruangan Prof. Dr. Abdul Karim Shalilh Kepala Lajnah Pentashih Mushaf dan Mantan Wakil Dekan. Juga Prof. Dr. Basyir Di'biss Kaprodi Ilmu Qira'at.
Pada kesempatan ini, rombongan ini juga berziarah kepada Prof. Abdul Karim Shalih Ketua Lajnah Pentashih Mushaf Nasional Mesir dan Prof. Dr. Basyir Di’biss Kaprodi Ilmu Qira’at. Di ruangan itu, Prof. Abdul Karim sedang sibuk menguji imtihan syafawi para pendaftar. Setelah semua anggota seleksi habis, melakukan obrolan panjang tentang banyak hal. Di ujung pertemuan, beliau berkata: “Kalau memang kalian ingin meminta untuk kuliah umum di sini, silahkan tuliskan saja Mahawir pembahasan yang kalian inginkan untuk dibahas lalu kirimkan kesini.”
 
Penampakan depan pintu masuk Gedung Fakultas al-Qur’an al-Karim Li al-Qira’at wa ‘Ulumiha


Ustadz Azwar Anas, Lc., satu-satunya mahasiswa Indonesia yang muqayyad di kuliah ini memperlihatkan cuplikan kemeriahan wisuda PPMI Mesir kepada Dekan.

Post a Comment

0 Comments