PPMI Adakan Rihlah dan Ziarah ke Alexandria, Syekh Ala' Analogikan Masisir dengan Imam Syafii





PPMIMesir, Kairo— PPMI sebagai induk besar yang menaungi Mahasiswa Indonesia di Mesir, mengadakan sebuah rihlah sekaligus ziarah yang bertajuk Rihlah Mahabbah Ulama dan Aulia Alexandria pada hari Jumat, 20 september 2019.

Kegiatan rihlah yang merupakan salah satu program kerja Devisi Keazharan dari Menko I ini menyediakan 100 kuota bagi Masisir. Dua bus pun disediakan panitia guna memfasilitasi peserta rihlah rohani tersebut. Pada pukul 05.00 WLK peserta bersama panitia rihlah mulai berkumpul di Suq Sayyarot, Hay Asyir. Selepas shalat Subuh di masjid terdekat. Panitia pun mengadakan breafing untuk keberangkatan menuju Alexandria. Baru pada pukul 06.00 WLK bus berangkat menuju Alexandria.

Destinasi pertama rihlah rohani tersebut adalah Masjid Amru bin Ash yang berada di daerah al-‘Ashafira, Alexandria. Masjid yang diimami oleh Syekh Ala'. Ketika tiba di sana, mereka disambut dengan nasehat hangat dari Syekh Ala’ Musthafa Na’imah. Dalam nasehatnya, Syekh Ala’ mengumpamakan para pelajar Indonesia seperti Imam Syafii. Sebab, mereka berani meninggalkan negerinya demi menuntut ilmu. Dari sini, beliau mengharapkan pelajar Indonesia mampu menyerap khazanah keilmuan yang cukup dari pengalaman-pengalaman mereka ketika melakukan safar ke berbagai tempat. 

Kemudian, para peserta  melanjutkan kegiatan mereka dengan shalat Jumat berjamaah di masjid tersebut. Sekitar pukul 14.00 WLK, perjalanan dilanjutkan menuju masjid Sidi Kubari. Di sana para peserta diajak menghadiri hadroh bersama Syekh Abdu al-Salam Ali Syita.

Setelah melaksanakan shalat Ashar di masjid yang sama, sekitar pukul 16.30 WLK, perjalanan berlanjut menuju kompleks pemakaman awaliya’ di Masjid Abu al-Abbas. Acara dilanjutkan dengan ziarah ketiga awaliya', yakni; Imam Abu al-Abbas al-Mursi, Imam Bushiri beserta pembacaan Burdah, kemudian makam Yaqut al -Arsy.

Usai mengunjungi ketiga makam awliya' tersebut, para peserta rihlah diajak menuju Benteng Qitbay. Acara dilanjutkan dengan shalat Isya jamak takhir dan perjAla’nan pulang ke Kairo.


Rep; Nusaibah.




Post a Comment

0 Comments