Beasiswa Cendikiawan Baznas Terwujud, DP PPMI Periode 2019/2020 Berterima Kasih kepada Kabinet Progresif dan Kabinet Inspiratif

 
Presiden PPMI Mesir 2019/2020 Arief Mughnie ditemani Presiden PPMI Mesir 2017/2018 Pangeran Arsyad Ihsanul Haq Menemui Petinggi Baznas untuk Mewujudkan Beasiswa Cendekiawan



Kairo, Jum’at,14 Februari 2020, setelah melewati berbagai rangkaian proses, alhamdulillah akhirnya beasiswa baznas terwujud. Beasiswa ini diperuntukkan untuk 40 penerima yang tercatat sebagai pelajar berprestasi dan dari keluarga yang tidak mampu, oleh karena itu seleksi diadakan dua tahap yaitu seleksi berkas dan wawancara langsung yang dilaksanakan di Baznas Kebon sirih pada tanggal 1 Oktober 2019. Akhirnya dari 200 pendaftar, terverifikasi 102 orang peserta yang lolos seleksi berkas. 


Dan setelah dilaksanakan wawancara oleh Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) bersama teman-teman dari Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Mesir (PPMI Mesir) yang ada di Indonesia saat itu, dalam hal ini sangat dibantu oleh Presiden PPMI periode 2017/2018, abangda Pangeran Arsyad Ihsanulhaq, yaitu dengan menilai berbagai aspek yaitu kesiapan finansial, komitmen pasca kampus, serta kesiapan melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo, terpilihlah 40 peserta terbaik yang lolos wawancara dan berhak mendapatkan Beasiswa Cendikiawan Baznas tersebut.


Setiap peserta Beasiswa Cendekia Baznas Al Azhar menandatangani akad dan mendapatkan bantuan subsidi tiket pesawat per masing-masingnya mendapatkan Rp. 4.200.000 Rupiah, dan selanjutnya setiap dari mereka akan mendapatkan Rp.700.000 Rupiah per bulannya. Selain itu, DP PPMI Mesir yang dipercaya untuk membina mereka akan diberikan Rp. 3.000.000 Rupiah per bulannya, yang dalam hal ini akan digunakan untuk dua hal, pertama untuk melaksanakan acara atau seminar setiap bulan nya yang memerlukan biaya Rp. 800.000 Rupiah. Kedua, untuk musyrif mereka yang akan diberikan Rp. 1.100.000 Rupiah per orang nya, maka nantinya DP PPMI Mesir akan menyeleksi dari masisir yang layak menjadi musyrif sebanyak 2 musyrif.


DP PPMI Mesir setelah bermusyawah dengan dewan penasehat, akan meminta kesediaan para musyrif untuk membina para peserta beasiswa seminggu dua kali, yang digunakan untuk simaan setoran hafalan Al Qur’an, daurah ilmu alat dan daurah ilmu akhlak. Hal ini merupakan beberapa komponen yang sangat penting bagi mereka yang masih baru, dan bisa sangat membantu dalam mendalami banyak ilmu di Al Azhar jami’an dan jami’atan insya Allah. Insya Allah setelah banyak pertimbangan, beasiswa ini akan terus dialokasikan untuk mahasiswa baru, karena melihat mereka yang belum mendapatkan beasiswa dan belum banyak mengetahui lingkungan barunya, serta untuk lebih fokus dalam menuntut ilmu di bumi kinanah ini.


Semoga dengan adanya beasiswa ini para peraihnya dapat semakin semangat dalam menuntut ilmu, dan semoga urusan Lembaga Beasiswa Baznas selalu Allah mudahkan, baik di dunia maupun di akhirat. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kabinet progresif dan kabinet inspiratif, semoga ini semua menjadi amal jariyah yang terus mengalirkan berlipat ganda kebaikan baik di dunia maupun di akhirat, Allahumma Aamiin.

Pertemuan Dewan Pengurus PPMI Mesir dengan Para Mahasiswa Terdaftar dalam Beasiswa Cendikiawan Baznas di Wisma Nusantara Kairo
          

Post a comment

0 Comments