Q&A Seputar Masisir Mutarjim 2020



Apa sih Kak, Masisir Mutarjim itu?
Masisir Mutarjim ini adalah proyek terjemah yang dijalankan di bawah koordinasi antara Departemen Kaderisasi PPMI Mesir, Departemen Pendidikan Zhafera dan Ketua Marhalah Kekeluargaan Nusantara 2019, setelah kesepakatan yang terjalin dalam rapat pada Sabtu 14 Maret 2020 di Wisma Nusantara.

Apa tujuan program ini Kak?
Program ini bertujuan untuk memupuk semangat berkarya dan mengkaji literasi bahasa arab pada mahasiswa baru sejak tahun pertama keberadaanya di Mesir, mulai dari menerjemahkan kitab dengan cara kerja sama tim.
                                                                                                                 
Oooh gitu, jadi seperti apa penerapannya Kak?
Sebelum kawan-kawan memulai menerjemah, akan diadakan Seminar Terjemah terlebih dahulu di kekeluargaan masing-masing, di mana pengisi seminar tersebut adalah senior kekeluargaan itu sendiri, baik yang tingkat akhir, S2 ataupun S3, yang akan memberikan gambaran umum bagaimana menerjemah yang baik dan ideal.
Setelah itu, akan dibagi mahasiswa baru di masing-masing kekeluargaan ke dalam beberaoa kelompok, dan setiap kelompok akan ada mentor/pembimbing dari senior yang telah diminta kesediaannya untuk mendampingi selama program ini berjalan. (kelompok max. berisi 15 orang).

Bagaimana dan apa yang akan kita terjemahkan Kak?
Kitab yang akan diterjemahkan menyesuaikan dengan jumlah mahasiswa baru di kekeluargaannya, di mana perorang minimal diberikan jatah sebanyak 7 halaman kitab. Jadi kalau di kekeluargaan ada 50 anggota, 7 x 50 = 350 halaman, maka dicari kitab yang banyak halamannya tidak jauh dari 350 halaman.
Untuk pemilihan kitab itu sendiri, silakan koordinasikan terlebih dahulu ke Departemen Kekeluargaan yang langsung di bawah Gubernur untuk dicarikan nama kitab yang akan diterjemahkan. Adapun genre kitab yang dipilih seperti, tentang kisah/perjalanan hikmah para ulama, Sirah Nabawiyah, Fatawa-Fatawa, Khutbah Masyaikh Azhar, Tesis atau Disertasi Masyaikh Lama/Baru, Ma’lumat Diniyah (seperti sejarah masjid, tempat bersejarah, dll), Karya Ilmiah, Tafsir, dan lain-lain.
Setelah mendapatkan nama kitab dan menyepakatinya, silakan untuk menyerahkan namanya ke DP PPMI atau nomor berikut +201100108986 agar tidak ada kesamaan kitab yang diterjemahkan, jadi siapa cepat dia dapat ;) .

Kapan deadline program ini Kak?
Batas akhir pengumpulkan semua tulisan di setiap kekeluargaan adalah tanggal 15 April 2020, adapun waktu teknis pelaksanaan seminar, evaluasi tulisan, kumpul-kumpul kelompok, itu diserahkan kepada kekeluargaan masing-masing.
Tapi jangan lupa, minimal 7 hari dan maximal 10 hari harus ada kumpul evaluasi yaa untuk menanyakan progres tugasnya ;) .

Eh Kak, nanti tulisnya di kertas atau di ketikan?
Itu kita kembalikan ke personal masing-masing, namun saran dari kami kalau memang memungkinkan untuk menulisnya di microsoft word (ketikan), agar ketika dikumpulkan di kekeluargaan bisa mudah dibaca dan tidak melakukan pekerjaan dua kali. Atau kalau memang susah untuk mendapatkan laptop, bisa tulis dahulu di note pada Handphone masing-masing, nanti bisa dikirim via WhatsApp ke PJ di kekeluargaan untuk dimasukkan ke word.

Ini wajib gak sih Kak buat mahasiswa baru?
Wajib dong, hee
Supaya kompak dan semuanya punya pengalaman positif selama menjadi Masisir, apalagi kalau sudah selesai dan menjadi karya, akan jadi kebanggan bersama tentunya. :D

Siap Kak, jadi apa yang kami persiapkan sekarang?
Yang perlu disiapkan, niat yang tulus dan kuat ingin belajar serta menjalin silaturahmi dengan kawan-kawan lainnya.
Jangan lupa selalu sertakan Allah ketika memulai dengan, Bismillah. :*

Post a comment

0 Comments