Mematuhi Protokol Covid-19 Sidang Pleno II Dilaksanakan Semi-Online



Kairo, ppmimesir.id--Setelah melaksanakan pelantikan Dewan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA), Dewan Pimpinan Badan Perwakilan Anggota (BPA) dan Dewan Pengurus Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir periode 2020-2021pada (10/07/2020). Maka perlu mengadakan penyusunan program kerja serta penganggaran dana untuk kegiatan tersebut. 

Dalam hal ini, BPA yang berperan sebagai pengawas keuangan PPMI Mesir mengadakan rapat yang bertajuk Sidang Pleno II, pada hari Kamis (23/07) pukul 14:00 WLK, bertempat di Aula Wisma Nusantara. 

Rapat ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan MPA sebagai peninjau, Dewan Pimpinan BPA sebagai presidium sidang, Dewan Pengurus PPMI Mesir, Panitia Sidang Pleno II periode 2020-2021 dan beberapa ketua komisi sidang secara langsung. Di dalamnya membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi (RAPBO). 

Uniknya teknik rapat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ia dihadiri oleh beberapa orang dan disiarkan langsung via aplikasi Zoom. Selain yang hadir secara langsung, anggota komisi sidang menghadiri agenda ini secara virtual via aplikasi Zoom. Hasil sidang komisi disampaikan melalui aplikasi tersebut. 

Menimbang dengan keadaan pandemi Covid-19 dewan pimpinan MPA dan BPA mengatur teknis rapat yang menghasilkan semi-onlain. Hal tersebut dikarenakan adanya larangan berkumpul serta menghindari perkumpulan dalam jumlah besar. Sidang Komisi yang termasuk dalam rentetan tentatif pun terpaksa dilakukan secara terpisah, tepatnya satu hari sebelum Sidang Pleno II dilaksanakan. 

Dalam sidang komisi semua pembahasan anggaran didiskusikan dan disepakati oleh DP PPMI Mesir dengan para komisinya, sesuai dengan pembahasan masing-masing. Waktu dan tempatnya berbeda-beda, titik diskusi dibagi mejadi lima tempat yaitu di sekretariat Kelompok Study Mahasiswa Riau (KSMR), sekretariat Himpunan Mahasiswa dan Masyarakat Sumatera Utara (HMMSU), sekretariat Pelajar Islam Indonesia (PII), sekretariat Komisi Pendidikan Luar Negeri (KPLN) dan secara online melalui aplikasi yang telah disepakati bersama. 

Agenda berlangsung dengan efektif dan selesai sesuai estimasi waktu yang telah direncanakan, dengan dibacakannya Surat Keputusan Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisai (APBO) maka selesai pula Sidang Pleno II BPA PPMI Mesir untuk Termin I ini. Hasil akhir anggaran yang akan dikeluarkan untuk kegiatan PPMI Mesir Termin I periode 2020-2021 adalah sebanyak LE 361.977.

“Dari sidang pleno yang diadakan secara “semi-online” ini, kita sama-sama tahu sampai mana urgensi dan fungsi komisi itu sendiri, dalam pengawasan keuangan di tubuh PPMI. Selain waktu yang lebih fleksibel dalam pembahasan rancangan anggaran yang telah diajukan bersama DP PPMI. Dan juga yang sangat kita apresiasi itu adalah para ketua komisi, sangat baik dalam menjalankan rapat komisi bersama menko terkait. Harapan kita bersama, fungsi pengawasan yang ada di MPA-BPA PPMI Mesir bisa sama-sama dipertahankan, baik dalam pengawasan keuangan maupun pengawasan program.” Pungkas Yogi Aldasi Ikhwan selaku Dewan Pimpinan BPA.








Post a comment

0 Comments