Babak Baru Perhelatan Wisuda Sarjana PPMI Mesir 2018



Reporter : Alfy Isa Muharram

ppmimesir.id, Kairo--  Perjalanan Wisuda Sarjana & PPMI Award 2018 yang sudah berlangsung sejak 01 September 2018 lalu, menarik perhatian banyak pihak lewat berbagai gebrakannya. Pada dua September, setelah diadakan rapat koordinasi pertama, Akhmad Zaini selaku ketua panitia memutuskan untuk membuka pendaftaran Wisuda pada  06-10 September 2018. Setelah pendaftaran dibuka, terdapat puluhan lulusan Universitas Al-Azhar Kairo yang mendaftarkan dirinya. Kemudian, di hari ketiga dan keempat pendaftaran, terjadi lonjakan pendaftar yang signifikan, angka puluhan berubah menjadi ratusan. Terbilang ada 370an orang yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti Wisuda tahun ini.

Ketika pendaftaran berlangsung, Divisi Acara menyelenggarakan seleksi MC Wisuda. acara yang berlangsung  pada  09 September lalu  di Aula Pasanggrahan KPMJB ini dihadiri oleh 40 orang yang bermimpi menjadi pembawa acara di depan ribuan orang yang akan menjadi audiens pada penyelenggaraan wisuda mendatang. Setelah melewati persaingan yang ketat, terpilihlah 10 nama finalis yang berhak untuk maju pada seleksi selanjutnya yang berlangsung pada 12 September 2018 di Aula Besar KMKM.

Setelah pendaftaran wisuda ditutup, pada 11 September 2018 Panitia kembali melangsungkan rakor kedua sebagai sarana evaluasi dan silaturahmi antar panitia. Berbagai inovasi kembali diluncurkan, tentunya hal ini merupakan bentuk optimaliasi bebagai fasilitas yang tersedia di zaman yang syarat akan teknologi ini. Kemudian, berdasarkan kesepakatan bersama, Panitia memberi waktu tambahan untuk pendaftaran wisuda pada 13 & 14 September 2018. Setelah penambahan waktu diberikan, jumlah keseluruhan peserta Wisuda Sarjana PPMI Mesir 2018 bertambah menjadi 437 Peserta yang tersebar dari 16 Negara. Diantaranya : Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kambodja, Filiphina, Tiongkok, India, Pakistan, Afganistan, Kirgistan, Nepal, Bangladesh, Spanyol hingga Rusia.

Rangkaian demi rangkaian berlangsung, seleksi pembawa acara yang sudah sampai pada tahap final, menghasilkan empat nama yang sudah melewati berbagai penilaian dari para dewan juri. Nama-nama tersebut diantaranya : Ibnu Farhan Istiqlal asal Lampung, Sri Wahyuni Utamy asal Aceh, Akbar Yuzar Pratama Kobisi asal Sulawesi dan Justica Maulida Riani asal Kalimantan.

Acara wisuda yang akan berlangung di Al-Azhar Conference Center pada 04 Oktober 2018 mendatang merupakan wisuda dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang pelaksanaan Wisuda Sarjana PPMI Mesir. Selain itu, Keikutsertaan negara lain pada wisuda tahun ini merupakan yang paling banyak dan variatif.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini didukung penuh pelaksanaannya oleh KBRI Cairo.

Post a Comment

0 Comments