Hadiri Sidang Parlemen Pelajar Asing, Menko II Wakili Indonesia Ambil Bagian di Kepanitian Pemilihan Ketua Baru




Ppmimesir, Kairo— Kamis, 1 Agustus 2019, Kepala Menko II, Kevin Damara Menteri Luar Negeri PPMI Mesir, Sultan, menghadiri undangan Parlemen Pelajar Asing (Parlemen Wafidin -pen) guna membahas pemilihan ketua baru dalam organisasi tersebut. Pertemuan ini diinisiasi oleh Utsman dari Afganistan –selaku ketua parlemen saat ini— dengan maksud menyegerakan pelaksanaan pemilihan ketua baru. Tersebab jabatan yang ia emban sudah habis masa jabatannya, yakni satu tahun. Namun tak kunjung diadakan pemilihan ketua baru oleh Maktab Intikhab hingga lewat setengah tahun. 
Kendati demikian, Utsman menyatakan pertemuan kali ini masih di bawah ekspektasi. Pasalnya, dari puluhan Persatuan Pelajar Negara-negara Asing yang menjadi anggota organisasi tersebut, hanya delapan Persatuan Pelajar yang memenuhi undangan rapat yang diadakan di Maktab Intikhabat Wafidin tersebut.
Walau diawali dengan ungkapan kekecewaan atas terlambatnya Maktab Intikhabat melaksanakan pergantian pengurus, Utsman meminta saran dari setiap perwakilan negara yang hadir guna menyelesaikan masalah pergantian tersebut. Setelah beberapa saat, satu usulan pun diterima dan menghasilkan satu keputusan. Yaitu memberhentikan segala bentuk kegiatan dan tanggung jawab kabinet Parlemen. Hingga dilaksanakannya pemilihan ketua baru oleh Maktab Intikhab. Utsman pun lantas keluar dari ruang rapat sebagai bentuk pemberian mandat kepada seluruh perwakilan negara yang hadir.

Akhirnya, setelah urung rembuk, wakil Persatuan Pelajar dari salah satu negara Afrika berinisiatif untuk membentuk panitia kecil yang bakal dipegang oleh Persatuan Pelajar dari negara yang hadir saat itu. Pembentukan panitia ini bertujuan untuk membentuk kabinet parlemen baru. Maka dibentuklah tiga bagian panitia besar. Pertama adalah  muroqobahammah, kedua bagian i’lamiyyah, kemudian yang terakhir adalah   ‘alaqahammah.

Kevin Damara menyampaikan bahwa Indonesia dan Sudan diamanahi untuk memegang bagian alaqahammah atau bagian perhubungan umum. Yang bakal berhubungan langsung dengan negara-negara anggota Parlemen. Rencananya rapat Parlemen Pelajar Asing akan kembali diadakan pada bulan ini.

Rep: Nusaibah.  

Post a Comment

0 Comments