Apple Akan Memperkenalkan Fitur Yang Diminta Oleh Banyak Pengguna Di IOS 17

Apple hampir dipastikan akan merilis iOS 17 akhir tahun ini seperti biasanya. Tidak banyak yang diketahui tentang sistem operasi terbaru tersebut, namun banyak rumor yang beredar tentang keberadaannya.

Salah satunya, seperti dilansir pdscustom.com  pada Selasa (28 Maret 2023), iOS 17 akan hadir sebagai pembaruan signifikan untuk aplikasi dan fitur yang sudah ada di iOS saat ini. Bahkan, beberapa di antaranya adalah fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna.

Kebocoran tersebut diinformasikan oleh koresponden Bloomberg, Mark Gorman. Ia mengatakan bahwa iOS 17 akan menghadirkan sejumlah fitur baru yang akan meningkatkan penggunaan beberapa aplikasi seperti CarPlay, Siri dan Messages.

Jadi iOS yang akan datang tidak akan banyak mengubah pengalaman menggunakan iPhone saat ini, terutama dalam hal tampilan. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang serangkaian fitur baru yang saat ini hadir dengan iOS 17.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple berfokus pada penyediaan pembaruan layar iOS. Beri nama, dan Anda memiliki layar kunci yang dapat Anda sesuaikan dengan keyboard kustom iPhone Anda.

Adapun perilisannya, seperti tahun-tahun sebelumnya, iOS 17 akan debut di WWDC pada Juni 2023, kemudian kemungkinan besar akan dirilis ke pengguna sekitar September tahun ini, bertepatan dengan peluncuran lini iPhone 15.

Sementara itu, Apple sendiri belum lama ini merilis versi beta dari iOS 16.4 yang terdaftar dalam Apple Developer Program. Pembaruan ini hadir setelah iOS 16.3 dirilis beberapa minggu lalu.

Seiring dengan adanya beta ini, beberapa fitur baru iOS 16.4 juga terungkap. Salah satunya adalah penambahan emotikon baru ke Unicode 15.0.

Lalu ada pembaruan keyboard untuk bahasa tertentu, dukungan untuk notifikasi di browser Safari atau Apple, animasi baru di Apple Music, dukungan untuk 5GS mandiri, dan banyak lagi.

Baca Juga  Menangani Tantangan Sosmed: Keuntungan Menggunakan Jasa Admin Profesional

Saat ini, pengguna pengembang Apple terdaftar yang telah menggunakan seri iOS 16.3 beta sebelumnya dapat mengaksesnya dari bagian Umum – Pembaruan Perangkat Lunak di aplikasi Pengaturan iPhone.

Namun, kami tidak menyarankan menginstal iOS 16.4 Beta 1 di iPhone utama Anda karena masih dalam pengembangan.

Alasannya adalah kami khawatir pembaruan iOS 16.4 beta pada 9to5Mac Sabtu (2022.02.18) akan memperkenalkan bug dan masalah kinerja lainnya ke perangkat, mengingat ini masih bukan versi stabil.

iOS 16.4 saat ini tersedia sebagai beta untuk pengembang terdaftar saja, tetapi pengguna umumnya dapat menunggu pembaruan beta publik dirilis bulan depan.

Keyboard & Emoji Unicode 15.0.2 Memperbarui

iOS 16.4 Beta 1 memperkenalkan beberapa emoji baru yang terintegrasi ke dalam emoji Unicode 15.0. Emoji baru ini memberi Anda lebih banyak opsi emoji untuk mengekspresikan diri melalui pesan Anda.

Beberapa emoji yang baru diperkenalkan adalah emoji Wi-Fi, wajah gemetar, hati merah muda, biru muda dan abu-abu, sayap, ubur-ubur, seruling, geser ke kiri dan kanan dengan 5 warna kulit berbeda.

Seperti kebanyakan pembaruan, saat Anda mengirim emoji ke pengguna di versi iOS sebelumnya, emoji tidak akan terlihat dan muncul sebagai kotak dengan tanda tanya di dalamnya.

Tidak hanya itu, keyboard ini juga mendapatkan pembaruan untuk koreksi otomatis Korea, dukungan teks prediktif Ukraina, dan bahasa Gujarati, Punjabi, dan Urdu pada keyboard.

Pemberitahuan push web Safari

Pembaruan ini memungkinkan pengguna menerima notifikasi dari aplikasi web yang diakses melalui Safari atau browser. Fitur ini pertama kali diumumkan oleh Apple di Worldwide Developers Conference (WWDC) dengan pengenalan iOS 16.

Berbagai situs web yang ditambahkan sebagai aplikasi web ke layar utama iPhone atau iPad pengguna meminta pengguna untuk ikut serta atau menyetujui pengiriman pemberitahuan.

Baca Juga  Prototipe Layar HP Lipat Samsung Bisa Berputar 360 Derajat: Balitteknologikaret

iOS 16.4 juga memiliki beberapa peningkatan yang terlihat pada peluncuran pembaruan iOS 16.4 Beta 1. Pembaruan ini juga menambahkan dukungan untuk layanan mandiri 5GS. Diumumkan oleh operator AS T-Mobile, fitur ini dapat memberikan kecepatan hingga 3 Gbps.

mode fokus singkatan singkat

Selain itu, tombol pintas dan mode fokus telah diubah. Untuk Always On Display, terdapat filter baru dalam mode fokus untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan atau menonaktifkan mode fokus secara otomatis. Beberapa pintasan baru juga tersedia untuk “Selalu Tampilkan Setelan”, “Pengaturan VPN” dan opsi layar kunci.

Selain menambahkan fitur-fitur baru ini, Apple juga menemukan beberapa masalah bug dan meningkatkan berbagai aplikasi seperti iCloud Drive.